Kepada Daerah Paniai,Jangan Tinggalkan Kasus Paniai



Pada dasarnya orang Papua sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.satu jiwa adalah berharga dimatanya,ini pandagan orang Papua pada umumnya.hal ini kita bisa melihat dari cara duka orang Papua saat saudaranya meninggal,tanggisan dari kerabat dan saudaranya akan berdatanggan.inilah bagimana orang Papua itu sangat menghormati nilai-nilai kemanusiaan.

Dibelahan bumi lain satu atau lebih manusia mati itu,hal biasa tapi di Papua”tidak”,nilai manusai adalah lebih dari segalanya.melihat atas kejadian Papua selama ini sangat misterius kamatianya,banyak cara mereka tinggalkan bumi ini.tidak tau entah kenapa dan tidak terlihat ujung sebab akibatnya.tapi bagimana dengan kasus yang terjadi depan seribu mata yang jelas ditembak mati oleh Polisi Indonesia di Paniai-Papua.katanya sedang diproses dan diproses,mana hasil dari pada proses itu?

Saat kasus Paniai ini,panas dibicarakan saat itu hingga kepala daerah menyatakan dimedia”saya akan kembalikan garuda kalau kasus paniai tidak dituntaskan”,sampai hari ini kasus paniai belum ada titik terang untuk penyelesainya.mana gebrakan dari kepada daerah sesuai janjinya kepada masyarakat Papua,lebih khususnya di Paniai.ini menjadi soal yang harus dimaklumi sebagai kepala daerah.

Kasus Paniai harus didorong oleh kepala daerah ditempat yakni Bupati beserta elemen masyarakat.tapi hal ini sudah dibiaskan,malah sudah dilupakan.ini sangat disayangkan bagi yang terluka karena kepergian anak,saudaranya(keluarga korban).

Banyak tanggapan menggalir kepada Negara demi kasus ini agar dituntaskan,namun kasus ini negara tidak mendorong komnas untuk mengindentifikasi atas kerjanya pada proses finishinya.perhatian dunia pun semakin kuat agar kasus Ham di Papua harus diselesaikan tapi,Indonesia selalu balik muka menggambil alternatif lain yang menyakitkan hati orang Papua.

Negara sedang menutupi kasus Paniai dengan mendekati kepala daerah melalui pemberian jabatan ketua DPD pada partai Hanura yang juga punya menkopulkam Wiranto sebagai Ketum(DPP),yang juga memiliki bertanggan merah atas kasus timur-timur.

Pendekatan Wiranto diatas ini,sebagai suatu gerakan pemadaman atas kasus paniai yang selama ini,senggit disuarakan oleh banyak pemerhati kemanusiaan diseluruh negeri.kepada daerah Paniai harus kembalikan kewenangan ini,karena jelas ini hanya serangan politik secara halus.

Tunjukan kepada masyarakat Paniai,lebih khususnya kepada keluarga korban atas sifat pemerhati kepada nilai kemanusiaan yang dil.duka korban keluarga masih menunggu tahap penyelesaian kasus ini.bupati jangan lari-lari dari kasus ini,harus selesaikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

  • FWP
  • Potret Anak Melanesia

    PaM

    woter

    Translate